Selamat Datang

Selamat datang kepada kawan-kawan yang telah berkenan berkunjung. Blog ini bercerita tentang usaha saya untuk belajar meneliti. Bila kawan-kawan juga baru mulai belajar meneliti, silahkan jelajahi blog ini. Tetapi bila telah berpengalaman, blog ini bukan untuk Anda. Karena saya baru belajar meneliti maka tulisan-tuilisan akan terus menerus saya revisi, seiring dengan pustaka yang saya peroleh dan masukan dari kawan-kawan. Karena itu, silahkan sampaikan komentar pada bagian bawah setiap tulisan dan kunjungi lagi lain kali, untuk membaca tulisan revisi paling mutakhir.

Minggu, 01 Desember 2013

15. Apa Itu Kesimpulan dan Saran serta Bagaimana Menyimpulkan dan Menyarankan Hasil Penelitian?

Print Friendly and PDF
Kawan-kawan kini sampai pada bagian terakhir, merumuskan kesimpulan dan saran. Sejauh ini saya berharap kawan-kawan sudah belajar banyak. Mulai dengan kebingungan merumuskan masalah dan tujuan penelitian. Kemudian mencari pustaka dan menyusun tinjauan pustaka. Merasa semakin sulit saja, apalagi untuk menyusun metodologi penelitian kawan-kawan perlu benar-benar menguasai berbagai konsep dasar penelitian. Pada dasarnya, menyusun metodologi penelitian berarti menjadikan berbagai konsep penelitian operasional dalam satu kesatuan sudut pandang untuk mewujudkan tujuan penelitian. Lalu menyajikan dan membahas hasil, memaparkan apa yang telah dicapai dalam kaitan dengan benang merah hubungannya dengan masalah penelitian. Kini tibalah saatnya, kawan-kawan menyimpulkan apa yang berhasil dicapai dan menyarankan apa yang perlu dilakukan sebagai tindak lanjut.

Sebelum melanjutkan, ada baiknya kawan-kawan memikirkan sejenak, kesimpulan dan saran itu sebenarnya apa. Kesimpulan dan saran merupakan ringkasan yang menyatukan hal-hal yang telah dipaparkan pada bagian hasil dan pembahasan, mengartikannya dalam bahasa yang lebih lugas dan menjelaskan implikasi yang ditimbulkan dalam kaitan dengan penelitian yang perlu dilakukan pada waktu-waktu yang akan datang. Menurut KBBI Online, kesimpulan berarti: (1)  ikhtisar (dari uraian, pidato, dsb.), kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya) dan (2) keputusan yg diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif (antara lain yang diperoleh melalui proses penelitian). Sementara itu, saran diartikan dalam KBBI Online sebagai pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Kini ada yang mengganti kata 'kesimpulan' menjadi 'simpulan', yang menurut KBBI Online berarti: (1) sesuatu yang diikatkan dan (2) hasil dari menyimpulkan. Saya merasa kata 'kesimpulan' lebih sesuai karena dengan tegas menyebutkan 'keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir deduktif dan induktif'.

Kesimpulan dan saran berisi ringkasan dari hasil dan pembahasan, penegasan mengenai kaitan hasil penelitian dengan masalah dan tujuan penelitian, dan implikasi yang ditimbulkan oleh hasil penelitian. Oleh karena itu, untuk merumuskan kesimpulan, kawan-kawan perlu terlebih dahulu kembali melihat ke belakang untuk kemudian melihat ke depan. Untuk merumuskan kesimpulan dan saran, kawan-kawan smemulai dengan kalimat yang merujuk pada masalah dan tujuan utama penelitian dan kemudian susun ringkasan hasil penelitian yang berkaitan dengan masalah dan tujuan utama penelitian. Kemudian buat pernyataan untuk menunjukkan bahwa kawan-kawan telah mencapai hasil sebagaimana yang ingin dicapai melalui rumusan tujuan penelitian. Untuk merumuskan saran, periksa kembali implikasi yang telah dibahas pada bagian hasil dan pembahasan. Hindari menyajikan saran yang seakan-akan jatuh dari langit tanpa pernah disinggung, apalagi dibahas, sebelumnya. Kawan-kawan sebaiknya mempelajari contoh kesimpulan dan saran yang telah dibuat oleh orang lain.

Mudah-mudahan kawan-kawan masih ingat paparan saya mengenai analisis kualitatif. Merumuskan kesimpulan dan saran pada dasarnya merupakan analisis kualitatif untuk menentukan tema-tema dari bagian hasil dan pembahasan. Kawan-kawan mengidentifikasi tema-tema tersebut dengan cara melakukan pengkodean. Tema-tema hasil pengkodean kemudian digabungkan dan diorganisasikan untuk menentukan tema utama dan tema pendukung. Pada dasarnya kesimpulan merupakan uraian ringkas mengenai tema utama tersebut, sedangkan saran merupakan uraian ringkas mengenai implikasi yang ditimbulkan oleh tema utama yang berhasil dirumuskan dari bagian hasil dan pembahasan.

Kesimpulan dan saran dapat disajikan dengan cara berbeda-beda, tetapi dalam hal merumuskan kesimpulan dan saran sebagai bagian dari penyusunan skripsi, kawan-kawan perlu mematuhi cara yang diatur melalui panduan. Cara yang lazim ditempuh pada penelitian bidang ilmu-ilmu alam adalah menyajikan kesimpulan dan saran sebagai bagian yang terpisah, masing-masing kemudian disajikan sebagai butir-butir berurutan. Pada bisang ilmu-ilmu sosial dan humaniora, cara yang lazim dilakukan adalah merumuskan kesimpulan dan saran sebagai satu kesatuan uraian yang terdiri atas satu atau lebih alinea. Cara manapun yang digunakan, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa kesimpulan dan saran merupakan jawaban terhadap tujuan penelitian dan implikasi yang ditimbulkannya.

Revisi belum pernah dilakukan
Creative Commons License

Untuk memahami tulisan singkat ini secara lebih tuntas, silahkan klik setiap tautan yang tersedia. Bila Anda masih mempunyai pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kotak komentar di bawah ini.

29 komentar:

  1. Dari tulisan yang bapak bagikan kepada saya, saya lebih memahami dan mampu membuat kesimpulan dari hasil penelitinan.
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Dari tulisan yang bapak buat, saya bisa membuat kesimpulan dari hasil penelitian dengan baik.

    BalasHapus
  3. terima kasih pak atas informasi tentang bagaimana cara membuat kesimpulan dan saran, jujur sebelumnya saya kurang paham tentang hal ini, dan setelah saya membaca ini saya sedikit memahami,,,,,,,,,terima kasih pak.........

    BalasHapus
  4. Terima kasih pak.. saya lebih tambah mengerti dengan kesimpulan dan saran dalam hasil penelitian

    BalasHapus
  5. Selama saya kuliah dan mendapatkan tugas dari dosen untuk membuat sebuah makalah saya mengalami banyak kesulitan , salah satunya adalah dalam merumuskan kesimpulan dan saran, tetapi setelah saya membaca tulisan yang bapak buat, saya berharap tidak lagi mengalami kesulitan dalam membuat kesimpulan dan saran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahasiswa mengalami kesulitan dalam membuat kesimpulan dan saran karena ketika memulai membuat makalah, mahasiswa tidak merumuskan masalah yang menjadi topik makalah dan tujuan membuat makalah. Makalah menjadi sekedar kumpulan kutipan dari pustaka sehingga saya sering bertanya, maaf, mengapa mahasiswa meniru pekerjaan pemulung, sekedar memungut dan mengumpulkan sampah dari sana sini?

      Hapus
    2. Copas bukan brarti memulung. Jika pemulung hanya 1 orang apa jadinya?

      Hapus
  6. terimakasih pak ....dengan adanya tulisan tentang apa itu kesimpulan serta bagaimana menyimpulkan dan menyarankan hasil penelitian,saya baru mengerti cara membuat kesimpulan.

    BalasHapus
  7. .tulisan ini sangat membantu saya dalam menyimpulkan isi penelitian.saya mengerti bahwa penulisan kesimpulan harus didasarkan dengan isi tulisan dari sebuah penelitian.

    BalasHapus
  8. Kesimpulan , menurut saya adalah menjawab tujuan yang sudah kita buaat. sedangkan saran yang saya ketahui adalah sebuah pendapat untuk memperbaiki kesalahan yang ada. Dan melalui informasi yang sudah Bapak tulis yang dapat saya pahami mengenai Kesimpulan dan Saran menyangkut dengan ringkasan dari pokok pembahasan yang sudah di buat serta mengenai kaitan hasil penelitian dengan masalah dan tujuan penelitian, dan implikasi yang ditimbulkan oleh hasil penelitian.

    BalasHapus
  9. Dari tulisan ini saya bisa mengetahui bagaimana menyimpulkan dan memberikan saran,dan setiap saran harus berkaitan dengan apa yang di bahas, tidak memberikan saran di luar dari apa yang telah di bahas. terima kasih Bapak.

    BalasHapus
  10. terima kasih pak. Dari bacaan diatas membuat saya menjadi lebih paham lagi tentang kesimpulan dan saran,dengan menulis kesimpulan dan saran penelitian seseorang harus menjawab tujuan dari penelitian.

    BalasHapus
  11. Terima kasih Bpk,ksrena sya dapat mengetahui Apa Itu Kesimpulan dan Saran serta Bagaimana Menyimpulkan dan Menyarankan Hasil Penelitian.Dan sya harap sya melkukan hal tersebut seperti yang ada di atas.ketika sya melakukan pnelitian nanti.

    BalasHapus
  12. Dari tulisan ini saya dapat mengetahui bahwa kesimpulan dan saran merupakan jawaban terhadap tujuan penelitian dan implikasi yang ditimbulkannya.bila kita ingin menjawab kesimpulan dan saran,kita perlu melihat apa yang menjadi hipotesa,tujuan dan data hasil yang telah kita lalui sebelumnya.saya ingin bertanya,Apakah dalam penyajian kesimpulan tidak bisa digunakan grafik,tabel ataupun gambar?
    terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tabel dan gambar (termasuk grafik) merupakan cara untuk menyajikan hasil penelitian sehingga disajikan pada bagian hasil dan pembahasan dan tidak perlu diulang lagi dalam bagian kesimpulan dan saran.

      Hapus
  13. Menurut saya kesimpulan adalah ringkasan dari semua masalah yang kita bahas n saran adalah salah satu kesalahan yang perlu kita perbaiki,tapi dengan adanya materi ini saya dapat pahami apa itu kesimpulan dan saran,terima kasih Pak......

    BalasHapus
  14. Terima kasih Pak...dari bacaan diatas saya dapat mengrti apa itu kesimpulan dan saran,menurut saya kesimpulan merupakan jawaban dari tujuan dari penilitian yang dilakukan.sedangkan saran merupakan masukan atau pendapat yang ditujukan untuk pembaca agar dalam kegiatan penilitiaan lebih baik.

    BalasHapus
  15. Kesimpulan menjawap tujuan merupakan hal yang tidak boleh di abaikan.
    saran bapak dalam menyimpulkan suatu penelitian dapat sya terima dan pahami dengan baik.

    Terimaksih

    BalasHapus
  16. dalam bacaan ini satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa kesimpulan dan saran merupakan jawaban terhadap tujuan penelitian dan implikasi yang ditimbulkannya. terima kasih bapak atas sarannya.

    BalasHapus
  17. Setelah membaca tulisan ini, saya merasa lebih paham bagaimana membuat kesimpulan dan saran, ini akan bermanfaat saat saya membuat kesimpulan dan saran pada tugas akhir nanti.

    BalasHapus
  18. Terima kasih Pak Wayan, melalui tulisan ini saya mengerti ternyata bagian kesimpulan dan saran yang dituliskan dalam suatu penelitian merupakan bagian yang paling penting karna merupakan jawaban terhadap tujuan penelitian dan implikasi yang ditimbulkan.

    BalasHapus
  19. Kesimpulan dan saran diamabel dari hasil penelitian dan pembahasan. Dimana tujuan dan masalah penelitian dari hasil penelitian yang menjawab kesimpulan dan saran.saran dilakukan agar hasil penelitian selanjutnya dapat menjadi panduan buat penelitian berikutnya sesuai dengan pertimbangan IPTEK.

    BalasHapus
  20. Terima kasih pak, saya baru memahami betapa pentingnya kesimpulan dan saran dalam suatu tulisan,

    BalasHapus
  21. Terima kasih buat tulisannya Pak, dari tulisan ini ternyata saya sadar kalau kesimpulan dan saran juga merupakan hal yang sangat penting dalam suatu tulisan rupanya, dan mesti dipelajari juga.

    BalasHapus
  22. Terima kasih Pak...
    Adanya tulisan ini dapat membantu saya dalam membuat suatu kesimpulan dan saran yang baik dan benar ketika mengerjakan suatu tugas.

    BalasHapus
  23. Artikel yang bagus dan bermanfaat,
    Terimakasih atas infonya.

    BalasHapus
  24. Sekedar berpendapat: Kesimpulan menjawab pertanyaan dalam penelitian dalam hal ini rumusan masalah. Saran menjawab Kegunaan penelitian.

    BalasHapus
  25. Artikel bagus, thank you for sharing

    BalasHapus

Silahkan sampaikan komentar atau pertanyaan dengan mengetikkan dalam kotak komentar.