Selamat Datang

Selamat datang kepada kawan-kawan yang telah berkenan berkunjung. Blog ini bercerita tentang usaha saya untuk belajar meneliti. Bila kawan-kawan juga baru mulai belajar meneliti, silahkan jelajahi blog ini. Tetapi bila telah berpengalaman, blog ini bukan untuk Anda. Karena saya baru belajar meneliti maka tulisan-tuilisan akan terus menerus saya revisi, seiring dengan pustaka yang saya peroleh dan masukan dari kawan-kawan. Karena itu, silahkan sampaikan komentar pada bagian bawah setiap tulisan dan kunjungi lagi lain kali, untuk membaca tulisan revisi paling mutakhir.

Jumat, 22 November 2013

2. Bagaimana Seharusnya Menyusun Tujuan dan Judul Penelitian?

Print Friendly and PDF Pada tulisan sebelumnya saya sudah menyampaikan bahwa masalah penelitian berkaitan sangat erat dengan tujuan penelitian. Bahkan, pada tulisan lebih awal saya sudah menyampaikan bahwa tujuan penelitian adalah untuk memaparkan, menjelaskan, memprediksi, atau mengendalikan fenomena yang benar-benar terjadi. Dalam hal ini, saya telah menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan fenomena yang benar-benar terjadi adalah masalah penelitian. Lalu apa pula yang dimaksud dengan tujuan penelitian dalam tulisan ini? Dan bagaimana menyusun tujuan penelitian agar berkaitan dengan masalah penelitian yang telah dirumuskan (dibuatkan pernyataan)? Terakhir, bagaimana kaitan antara masalah penelitian dan tujuan penelitian dengan judul penelitian? Saya berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam tulisan ini dengan terlebih dahulu mengumpulkan referensi untuk saya pelajari.

Tapi sebelum melanjutkan, tujuan penelitian yang dimaksud di sini itu sebenarnya apa? Tujuan penelitian yang dimaksud di sini bukanlah tujuan penelitian pada umumnya sebagaimana yang telah saya sampaikankan pada tulisan sebelumnya, melainkan tujuan penelitian yang sedang direncanakan. Menurut How to write SMART objectives?, tujuan penelitian yang dimaksud adalah pernyataan yang jelas mengenai hal-hal yang ingin dicapai dalam selang waktu pelaksanaan penelitian. Dalam hal ini, tujuan penelitian harus memenuhi syarat SMART sebagai beerikut:
  1. Specific, secara khusus menyatakan apa yang ingin dicapai, biasanya dinyatakan dalam kata-kata kerja khusus;
  2. Measurable, mencantumkan ukuran kualitatif atau kuantitatif;
  3. Agreed, sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan serta disepakati antara peneliti dan penyandang dana atau antara mahasiswa dan pembimbing;
  4. Realistic, menantang tetapi sesuai dengan sumberdaya yang tersedia; dan
  5. Timebound, dengan tahapan waktu yang dinyatakan dengan jelas.

Dengan menggunakan kriteria tersebut, penelitian dengan masalah besar dan nilai kehilangan hasil yang disebabkan oleh berbagai OPT golongan patogen pada tanaman pisang adalah:
  1. Mengidentifikasi jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur;
  2. Menentukan macam kehilangan hasil yang disebabkan oleh OPT golongan jamur; dan
  3. Menentukan besar dan nilai kehilangan hasil yang disebabkan oleh seluruh jenis OPT golongan jamur.
Dalam hal ini, kehilangan hasil merupakan perbedaan antara hasil tanaman sehat dan hasil tanaman berpenyakit dengan intensitas (insidensi atau keparahan) yang berbeda-beda pada pada tanaman pisang di lokasi penelitian. Tujuan di atas sesuai dengan rumusan masalah dan dinyatakan dengan menggunakan kata-kata kerja mengidentifikasi dan menentukan.

Pada rumusan masalah penelitian, saya memang tidak menyebutkan mengidentifikasi jenis penyakit dan menentukan macam kehilangan hasil. Kedua tujuan tersebut perlu saya sebutkan untuk membuat tujuan menjadi lebih rinci sehingga benar-benar menjadi dapat terukur. Selain itu, saya juga perlu menyebutkan kedua tujuan tersebut untuk mempertegas bahwa penelitian yang saya lakukan merupakan penelitian eksploratif sehingga dapat menjadi panduan bagi saya dalam menyusun bagian metode penelitian. Dalam konteks penulisan tujuan ini saya menuliskan apa yang lazim disebut tujuan khusus, sedangkan sebagai tujuan umum penelitian saya cukup menyebutkan untuk menentukan besar dan nilai kehilangan hasil yang disebabkan oleh penyakit-penyakit yang disebabkan oleh OPT golongan jamur pada tanaman pisang.

Tujuan penelitian sebenarnya juga berkaitan dengan metode penelitian, tetapi saya akan menuliskannya setelah memperoleh referensi untuk mempelajari keterkaitan tersebut. Untuk kali ini, saya baru mengerti kaitan antara masalah dan tujuan penelitian dengan judul penelitian. Dalam hal ini, judul penelitian harus mendapat mencerminkan masalah dan tujuan penelitian. Saya masih perlu menunggu memahami kaitan antara metode penelitian dengan judul penelitian sehingga yang dapat saya tulis kali ini hanyalah bahwa selain mencerminkan masalah penelitian dan tujuan penelitian, judul penelitian haruslah ringkas. Karena harus ringkas maka penggunaan kata-kata yang tidak perlu sebaiknya dihindari. Misalnya kata 'studi' yang sebagaimana telah saya sampaikan pada tulisan terdahulu merupakan bentuk tertentu dari penelitian, sebaiknya tidak digunakan dalam judul. Selain itu, nama ilmiah juga sebaiknya tidak digunakan dalam judul, kecuali bila memang diperlukan.

Nama ilmiah tidak perlu digunakan dalam judul penelitian karena sesuai dengan ketentuan tata nama, nama ilmiah digunakan terhadap nama umum mahluk hidup sebagai kata benda. Dalam judul, nama umum mahluk hidup pada umumnya merupakan kata keterangan. Misalnya, dalam frasa 'produksi jagung', yang menjadi kata benda obyek adalah produksi, sedangkan nama umum jagung digunakan sebagai keterangan terhadap produksi. Dalam hal ini, penulisan frasa 'produksi jagung (Zea mays)' menjadi tidak tepat sebab produksi jagung bukan mahluk hidup. Lagipula, judul harus ringkas dan pencantuman nama ilmiah dalam judul tidak akan membuat penelitian dengan sendirinya menjadi ilmiah. Bahkan justeru sebaliknya, bisa menjadi ditertawakan. Bayangkan saja kalau nama ilmiah dicantumkan setelah frasa 'bubur kacang hijau'.

Revisi belum pernah dilakukan
Creative Commons License
Hakcipta tulisan ini dilindungi berdasarkan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License.

Untuk memahami tulisan singkat ini secara lebih tuntas, silahkan klik setiap tautan yang tersedia. Bila Anda masih mempunyai pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kotak komentar di bawah ini.

30 komentar:

  1. Dari tulisan ini saya dapt mengerti bahwa tujuan penelitian harus memenuhi syarat SMART (seperti yang dicantumkan diatas) dan juga saya dapat memahami bahwa :judul penelitian harus mendapat mencerminkan masalah dan tujuan penelitian,judul penelitian haruslah ringkas dan dalam judul penelitian nama ilmiah juga sebaiknya tidak digunakan, kecuali bila memang diperlukan.
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Dari penjelasan diatas saya dapat memahami dan belajar menentukan suatu judul penelitian saya sendiri, serta menetukan tujuan penelitian yang sedang direncanakan secara tepat dan benar.
    Terima kasih untuk informasi yang telah bapak bagikan untuk kami.

    BalasHapus
  3. Yang saya pahami dari tulisan ini adalah ,dalam judul penelitian harus mencerminkan masalah dan tujuan penelitian,dimana tujuan penelitian harus memenuhi syarat yang tertera diatas(SMART),selain itu judul penelitian juga harus di buat seringkas mungkin dan di perhatikan apakah perlu menggunakan nama ilmiah atau tidak.Saya ingin bertanya adakah
    cara lain untuk membuat tujuan menjadi lebih rinci dan terukur?
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah yang dimaksud dengan 'rinci'? Bila yang dimaksud adalah menyatakan dengan khusus apa yang ingin dicapai maka bila tujuan penelitian dirumuskan benar-benar dengan mempertimbangkan SMART, dengan sendirinya akan rinci dan terukur (dalam SMART, S merupakan singkatan dari specifif yang berarti khusus dan M merupakan singkatan dari measurable yang berarti terukur).

      Hapus
  4. Terima kasih pak untuk tulisannya, dan setelah saya membaca, ada beberapa hal yang saya pahami yaitu penelitian harus mencerminkan masalah dan tujuan penelitian dan penelitian harus memenuhi syarat (SMART) diatas. tetapi yang ingin saya tanyakan yaitu : Mengapa Nama Ilmiah tidak perlu digunakan dalam judul penelitian ? sedangkan jika dilihat pada judul hasil penelitian Mahasiswa, masih banyak menggunakannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Sarni, telah menanyakan ini. Nama ilmiah merupakan nama mahluk hidup. Sekarang mari kita simak contoh penggunaan nama ilmiah secara salah pada judul penelitian, 'Pengaruh dosis pemupukan N terhadap pertumbuhan dan produksi kangkung (Ipomoea aquatica)'. Dalam judul ini istilah 'kangkung' bukan merupakan istilah yang berdiri sendiri, melainkan merupakan keterangan dari istilah 'pertumbuhan' dan 'produksi' ('pertumbuhan dan produksi kangkung' bukan merupakan nama mahluk hidup, melainkan merupakan konsep abstrak yang berkaitan dengan mahluk hidup). Atau, silahkan renungkan judul ini, 'Pengaruh lama dan suhu pemanasan terhadap kualitas nutrisi bubur kacang hijau (Vigna radiata)'. Apakah bubur kacang hijau mempunyai nama ilmiah? Bukankah Vigna radiata adalah nama kacang hijau sebagai mahluk hidup, dan bukankah bubur kacang hijau bukan merupakan mahluk hidup?

      Hapus
  5. Dalam sebuah penelitian membutuhkan judul serta tujuan agar dapat terarah . Tapi selama perkuliahan dan di tugaskan untuk membuat tujuan saya masih sangat bingung. Saya berterimakasih kepada bapak karena dengan adanya tulisan ini saya dapat memahami bagaimana menyusun tujuan dengan menggunakan 5 syarat SMART. Dan dalam membuat judul yang saya ketahui selama ini yaitu menuliskan nama Latin , tetapi dengan adanya informasi ini dapat saya ketahui , judul harus ringkas dan pencantuman nama ilmiah dalam judul tidak akan membuat penelitian dengan sendirinya menjadi ilmiah.

    BalasHapus
  6. artikel ini dapat membantu saya dalam menyusun tujuan dan judul penelitian dengan baik dan benar ketika saya melakukan penelitian.terima kasih pak,,,,

    BalasHapus
  7. dengan adayan tulisan ini.membuat saya menjadi mengerti kalau dalam penulisa suatu judul penelitian setelah menentukan masalahnya nama ilmiah tidak perlu di camtumkan karena dalam judul nama hewan atau tumbuhan merupakan kata keterangan.

    BalasHapus
  8. Terima Kasih Pak...Dengan tulisan ini saya dapat mengetahui, kalau penelitian harus mencerminkan masalah dan tujuan penelitian, dan penelitian juga harus memenuhi syarat (SMART)seperti yang di tuliskan diatas.

    BalasHapus
  9. Dari bacaan di atas sangat membantu saya dan mengajarkan saya bahwa masalah penelitian berkaitan dengan tujuan penelitian, dan bacaan di atas juga sangat membantu saya dalam melakukan suatu penelitian. terima kasih bapak,

    BalasHapus
  10. Terima kasih Pak ...
    Dari tuliasan diatas saya baru menyadari bahwa pokok dari sebuah tulisan yaitu Tujuanny, dimana dalam sebuah tulisan pwenelitian harus mempunyai tujuan yang jelas sehingga menghasilkan ilmu atau temuan baru.....

    BalasHapus
  11. terimah kasi bapa .,
    degan penjelasan di atas mengenai tujuan saya dapat mengerti sehingga dapat menjelaskan pada pembahasan dari penelitian kita dalam tulisan ilmiah .

    BalasHapus
  12. materi tentang cara merumuskan tujuan dari sebuah penelitian sangat baik meterinya,apakah suatu tujuan penelitian harus dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian? dan apakah dalam penelitian kita harus menjawab setiap tujuan yang ada?. terima kasjh..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, setiap penelitian harus selalu mempunyai tujuan dan setiap tujuan harus dicari jawabannya (dengan menggunakan metode penelitian dan disajikan pada bagian hasil dan pembahasan).

      Hapus
  13. menurut saya judul penelitian di ambil dari tujuan pustaka tapi dengan adanya bacaan di atas sya dapat mengerti bagaimana cara menentukan judul yang sebenarnya.
    tujuan penelitian adalah untuk memaparkan, menjelaskan, memprediksi, atau mengendalikan fenomena yang benar-benar terjadi. Dalam hal ini, saya telah menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan fenomena yang benar-benar terjadi adalah masalah penelitian.
    terima kasih Bpk

    BalasHapus
  14. Dengan tulisan diatas,sangatlah membantu saya dalam penulisan proposal penelitian atau skripsi nanti.
    Terima kasih Bapak atas tulisannya.

    BalasHapus
  15. trima kasih pak,dalam bacaan diatas saya sudah mengerti bahwa dalam menulis tujuan penelitian,saya harus terpaku pada judul penelitian.

    BalasHapus
  16. terima ksih Bpk,karena sya sudah mngerti dalam membuat tujuan dan judul pada penelitian tersebu.
    Tujuan penelitian sebenarnya juga berkaitan dengan metode penelitian, tetapi saya akan menuliskannya setelah memperoleh referensi untuk mempelajari keterkaitan tersebut. Untuk kali ini, saya baru mengerti kaitan antara masalah dan tujuan penelitian dengan judul penelitian. Dalam hal ini, judul penelitian harus mendapat mencerminkan masalah dan tujuan penelitian.

    BalasHapus
  17. dari bacaan di atas saya dapat memahami bahwa tujuan melakukan penelitian harus harus memenuhi syarat serta berkaitan dengan metode penelitian .terimakasih pak.

    BalasHapus
  18. Setelah membaca tulisan ini saya menjadi mengerti bagaimana menentukan tujuan penelitian, dan dalam menentukan tujuan penelitian harus sesuai dengan syarat SMART, seperti yang telah say abaca ada tulisan ini, dari tulisan ini saya juga mengetahui penulisan judul yang lebih baik, bahwa tidak selamanya nama ilmiah perlu ditulis dalam judul penelitian, dan pada tulisan ini sudah dijelaskan mengapa nama ilmiah tidak perlu ditulis dalam jul tertentu, yang saya ingin tanyakan penelitian seperti apa yang judul penelitianya perlu ditulis nama ilmiah?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Judul ilmiah digunakan dalam judul hanya dan hanya jika organisme yang menjadi obyek penelitian belum mempunyai nama umum dalam Bahasa Indonesia. Misalnya: Evaluasi Kemampuan Spesies Jamur Trichoderma untuk mengendalikan Penyakit Layu pada Tanaman Tomat. Perhatikan, nama ilmiah jamur Trichoderma dan nama umum tomat (tidak disertai nama ilmiah).

      Hapus
  19. Terima kasih pak.
    Tulisan ini membuat saya mengertu dalam memilih tujuan penelitian harus sesuai dengan syarat SMART.

    BalasHapus
  20. Dengan membaca tulisan Bapak tentang tujuan penelitian di atas satu pengetahuan lagi saya dapatkan, meskipun belum terlalu mengerti tetapi dapat membantu dalam proses pembelajaran saat ini. Saya perlu banyak membaca lagi tulisan Bapak.
    Terima kasih Bapak...

    BalasHapus
  21. artikel ini dapat membantu saya dalam menyusun tujuan dan judul penelitian dengan baik dan benar ketika saya melakukan penelitian, dan jga bisa membantu saya dalam penulisan penelitian yang benar dan baik.terimah kasih bapak

    BalasHapus
  22. dari bacaan di atas saya bisa mengetahui apa itu tinjaun pustaka dan manfaatnya dan juga saya dapat memahami bahwa :judul penelitian harus mendapat mencerminkan masalah dan tujuan penelitian.terimah kasih bapak

    BalasHapus
  23. Sesuai hasil tulisan yang saya baca bahwa tujuan dari pada suatu penelitian adalah merupakan gambaran umum yang akan kita capai dalam suatu kegiatan penelitian , dan gambaran umum tersebut akan lebih baik lagi apabila menjadi suatu penulisan karya ilmia yang akan beguna bagi orang lain yang membacanya dan melakukan praktek sesuai yang dianjurkan.
    Pertanyaannya apakah hasil penelitian merupakan satu-satunya panduan dalam melakukan suatu aktifitas dalam bidang pertanian misalnya cara bercocok tanam . Sedangkan kalau kita lihat dilapangan ternyata bercocok tanam itu sudah dilakukan sejak dahulu sebelum ada penelitian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan menarik. Petani kita di Indonesia ini pada umumnya merupakan petani tradisional yang bercocok tanaman dengan menggunakan panduan pengetahuan lokal (pengetahuan dari pengalaman yang diwariskan secara turun temurun). Karena pengetahuan lokal tidak berbasis penelitian maka tentu saja petani tidak menerapkan hasil penelitian. Hal ini berbeda dengan di negara-negara maju yang petaninya melakukan budidaya tanaman dengan berdasarkan pada ilmu pengetahuan (pengetahuan ilmiah). Petani di negara-negara maju juga berpendidikan tinggi (pada umumnya diploma) sehingga mempunyai wawasan untuk melakukan perubahan dengan cara menggunakan hasil penelitian.

      Hapus
  24. Dari bacaan diatas saya senang karena mendapat ilmu tambahan yang menurut saya belum tentu saya dapat memperolehnya dengan mudah, apalagi mengenai tentang syarat SMART ,yang mana tujuan penelitian harus memenuhi syarat SMART yang telah dijelaskan juga.
    Terima kasih Pak.

    BalasHapus

Silahkan sampaikan komentar atau pertanyaan dengan mengetikkan dalam kotak komentar.